Friday, December 29, 2017

{Terios 7 Wonders} Mengenal Dayak Kenyah Di Pampang

Cumilebay Bareng Ibu Dayak Berkuping Panjang
Dayak Kenyah Samarinda - Perjalanan panjang Team Terios 7 Wonders "Borneo Wild Adventure" sudah hingga di Samarinda & ini ialah etape ke 6 dari total 7 etape dengan 7 destinasi alam liar #NgakRelaBerakhir. Tapi Terios 7 Wonders  #SahabatPetualang juga akan mengexplore budaya setempat yaitu salah satu nya kearifan lokal masyarakat dayak kenyah yg tinggal tidak jauh dari kota samarinda.
Daihatsu Terios 7 Wonders Mejeng Didepan Rumah Lamin Khas Dayak
Desa Wisata Adat Kenyah jaraknya hanya 20 km dari Kota Samarinda Kalimantan Timur. Banyak sekali yg sanggup kita pelajari dari desa wisata ini, antara lain kerajinan tangan, tarian, alat musik, goresan dll. Suku dayak kenyah berasal dari Bulungan perbatasan Serawak Malaysia, mereka secara perlahan mulai pindah sedikit demi sedikit sedikit2 menuju samarinda, berau, malinau. 
Eh kenapa mereka di sebut DAYAK ??? Karna mereka tiba dari Daya artinya HULU dan hulu nya berada seputaran pulau kalimantan bab atas yaitu dari brunei tapi mereka trus bergerak menuju hilir hingga ke sungai mahakam dan menetaplah di Desa Pampang ini salah satu nya yang di huni dayak kenyah #BegituCeritanya.
Kajet Lasan (Tari Persahabatan)
Alat Musik Sampeq
Numpang Narsis Bareng Wira Nurmasnyah
Datang ke rumah etika dayak kenyah atau di sebut rumah lamin (Berdiri tahun 1990 an) di sambut dengan 2 tarian sekaligus yaitu tarian kanjet lemada lasan (tarian pembukaan/tarian peresmian, membersihkan area, artinya untuk membersihkan dari hal-hal yg tdk diinginkan) harus pria yg menari, serta tarian kanjet lasan (tarian persahabatan) menari dengan gerakan lebih bebas, yg penting demi keakraban atau persahabatan. Ke 2 tarian ini di iringin alat musik khas dayak yaitu sampeq (Semacam Gitar Dari Kayu Bulat Utuh).
Cantiknya Gadis Dayak 
Kulit Mereka Putih - Macam Keturunan Cina
Para Tetua Adat Dengan Baju Khas Dayat
Sekilas kalo di tenggok wajah2 orang dayak cakep2 kece seolah-olah banget macam orang cina monggol, ternyata usut punya usut mereka mmg orisinil dari sana #GosipLagi. Konon berdasarkan gosip, suku mereka kalah perang dan tersingkir menyebar keberbagai wilayah dan sampailah di Kalimantan #FaktaAtauGosip??? #AkuTakTau.
Ukiran Kayu Dalam Rumah Lamin
Atap Rumah Lamin Terdapat Ukiran Burung Rangkong, Naga, Macan
Dirumah lamin, kita sanggup melihat simbol suka dayak kenyah ini burung rangkong, naga, macan. Macan dari aristokrat melambangkan kalo mereka berasal dari keluarga bangsawaan cina yg hijrah ke borneo. Rangkong melambangkan kebijaksanaan, naga sebagai pelindung dan penjaga. Eh dipelataran rumah lamin terdapat kios2 penjual cindramata khas dayak, kalo minat yaa tinggal beli sebagai kenang2an dan saya yg tampan ini beli gelang paporit kesayangan akoh #Lebay.
Ada Yang JualCindramata Khas Dayak - Jangan Lupa Beli Yaaaa
Dayak kenyah ini merupakan suku dayak yg mempunyai perempuan dengan kuping panjang yg lokasi paling dekat dengan kota #YangLainJauh, kalau di bandingkan dayak2 lain yg masih di tengah hutan. Tapi yang bikin murung ialah ngak ada penerus nya untuk kuping panjang ini, anak2 muda nya aib untuk memanjangkan kuping, mereka sudah terkena modernisasi sehingga yg punya kuping panjang hanya generasi bau tanah saja #AkuSedih.
Pak Simson - Penari Kajet Lemada Lasan
Ibu Kuping Panjang Yang Tersisa Di Kenyah
Untuk berkunjung ke dayak kenyah, siapin duit 15 ribu untuk tiket masuk dan 25 ribu buat foto2 dengan masyarakat dayak yg menggunakan baju etika atau ibu berkuping panjang #DahKomersil dan berdasarkan info yg gw denger, banyak yg ogah2an di foto kalo ngak ngasih duit ke mereka #IniHasilGosip. Oh ya pertunjukan kesenian dayak hanya ada pada hari ahad jam 2 siang jd kalo mau liat mereka menari yaaa hari ahad aja tiba nya coz hari biasa ngak ada apa2 #AliasSepi.
Foto Bareng Terios 7 Wonders Dengan Dayak Kenyah

No comments:

Post a Comment