Friday, December 29, 2017

{Terios 7 Wonders} Menyusuri Hutan Menanti Orang Utan

Basecamp Danau Punggu Alas - Taman Nasinal Sebangau
Terios 7 Wonders – Perjalanan etape 1 Terios 7 Wonders 2015 menempuh jarak 170,5 km dari kota Palangkaraya menuju Desa Keruing Kecamatan Kamipang Kabupaten Katingan yang masuk di daerah Taman Nasional Sebangau Kalimantan Tengah  #EtapePemanasan. Kali ini tujuan wonder 1 ialah menenggok tumbuhan & fauna hutan lebat sebangau khusus nya kehidupan liar orang utan di alam orisinil nya #IniLiarBeneranLho.
Daihatsu Terios Handal Tangguh Jalanan di Kalimantan Yang Berdebu & Berkabut Asap
7 Daihatsu Terios (3 Matic, 4 Manual) sukses menyusuri jalur lintas kalimantan dengan wolessss tanpa kendala sama sekali #SempetBoboNyenyakDalamTerios. Jalanan berkelok dan berdebu mulai dari beraspal hingga berpasir licin lancar jaya di tebang cekatan oleh terios. Kalimantan populer dengan kontur jalanan yang aslinya dari tanah gambut, menciptakan jalanan mulus menjadi bergelombang bikin kendaraan di pacu kencang agak sedikit ajrut2an tapi untungnya suspensi terios di desain begitu nyaman dengan peredam sehingga penumpang tetep ngerasa tenang & tentram dalam kendaraan SUV ini.
Menyusuri Sungai Katingan - Menuju Desa Keruing TN. Sebangau
Setelah 4 jam perjalanan darat mengunakan Daihatsu Terios, risikonya hingga didesa terakhir menuju Taman Nasional Sebangau, yaitu Desa Bahun Bango & mari kita lanjut perjalanan 30 menit mengunakan bahtera boat menyusuri Sungai Katingan. Dan ..... Perjalanan seru menengangkan akan segera di mulai, kita bakal trekking 5 km (ditempuh 3 jam perjalanan) masuk hutan Kalimantan yang populer ganas #Lebay menuju PUNGGU ALAS (Masuk dalam wilayah Desa Keruing Kecamatan Kamipang Kabupaten Katingan) yg menjadi tempat pantau & penelitian kehidupan alam liar di daerah ini.  Dan yg bikin tegang nya ialah matahari dah beranjak hendak pergi alias dah mulai gelap #Bayangkan #TrekkingHutanDalamGelap.
Trekking Sekitar 3 - 4 Jam Menuju Punggu Alas Untuk Menginap Di Basecamp
Malam ini kami menginap di tengah hutan, seru2an di basecamp pantau & isu punggu alas. Untuk urusan makan mah nikmat banget, ada yg masakin dan cita rasa juara mampus #KenyangNambah. Kami sempet ngobrol2 dengan beberapa pegawai taman nasional yg mendampingi kami, mereka bercerita ttg kehidupan orang utan di sini.

Pagi dan matahari mulai bersinar, ketika nya trekking masuk hutan lebih dalam (Perjalanan memakan waktu 1 jam) buat menyaksikan pribadi orang hutan liar di habitat orisinil nya. Dan risikonya setalah menunggu lebih dari 1 jam .... Ketemu pasangan ibu anak yaitu julian & julian, mereka bertengger diatas pohon sekitar 30 meter diatas tanah, sayang banget mau di foto agak susah #lensaCameraStandart #Malu coz mereka rada2 takut dengan insan dan merasa ngak nyaman untuk turun dahan.
Team Terios 7 Wonders Menanti Orang Utan
Jumpa Burung Paruh Kodok
Mata Lensa Tetap Menanti Orang Utan
Di sekitar Punggu Alas ada 30 orang hutan yg sudah di teliti menurut bentuk wajah prilaku dll. Mereka di beri nama untuk memudahkan pantauan, ada Tama 30th, Lola 4th, Lisa 20th, Marlenda 25th, Jane 20th, Jack 3 th, Ossama 35th #Keren2Namanya. Di sekitar desa keruing saja di temukan terdaftar sekitar 12 kelompok orang utan dan dalam 1 kelompok terdapat 10-15 bekantan dengan umur paling bau tanah sekitar 30 th an, sedangkan total orang utan di taman sebangau berkisar 9000an ekor. Eh bikin busyet terkaget2 berdasarkan penelitian bahwa DNA orang utan itu 97% sama dengan manusia. 
Lucunya Julia & Julian Yang Kita Temui di TN. Sebangau
Taman Nasional Sebangau diapit oleh 2 sungai yaitu Sungai Sebangau & Sungai Katingan dengan memiliki luas 568.700 heaktar. Kekayaan alam nya beraneka ragam yang mencakup 808 jenis tumbuhan, 15 jenis mamalia, 182 jenis burung serta 54 spesies ular. Selain orang utan, di daerah Punggu Alas ini di banyak kita jumpai kera ekor panjang, beruk, beruang madu, macan dahan, macan kumbang dll, sedangkan untuk tumbuhan nya yg banyak diteliti ialah pohon Saga bulang.
Suasana Basecamp Punggu Alas - Makanannya JUARA
Sekedar info aja buat lucu2an orang utan : Setiap kayu dalam hutan yang mati, biasa nya selalu di robohkan oleh orang utan. Karna kayu yg roboh di tanah akan di makan rayap dan rayap ini lah sebagai salah satu masakan orang utan. Dan anak orang utan akan berpisah dengan ibu nya sehabis usia 8 tahun, kalo kau pisah ama orang bau tanah kapan ????
Team Terios 7 Wonders di TN. Sebangau

No comments:

Post a Comment